Sunday, August 26, 2012

Buta Internet? Udah Enggak Jaman, Guys!

Seperti yang ada di judul, buta tentang internet itu udah nggak jaman, guys. Apalagi di jaman modern kaya sekarang, dimana-mana ada warnet, berarti udah banyak juga yang kenal internet. Nah, untuk membantu memberantas buta internet, gue mau berbagi sedikit info nih tentang.....cara menggaet cowok ganteng+baik+tajir!! *sangatsalah. Maksudnya tentang internet hehehe.

Btw, heran ngga tiba-tiba gue berbagi ilmu? Oh, bukan! Bukan karena lagi jatuh cinta, tapi justru karena lagi patah hati dan gaada teman berbagi, jadi gue putuskan untuk berbagi ilmu dengan kalian.........*salahlagi. Bukan kok, bukan karena masalah hati wkwkwkwk, sekali-sekali pengen beramal gitu lho *emote malaikat*.

Baiklah! Cukup pembukaannya, kita masuk ke pembahasan pertama, yaitu WEB BROWSER!! *prokprokprok*
Kalian pasti sering denger kan Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, Safari, atau Google Chrome? Nah, mereka-mereka itu adalah contoh web browser papan atas (?). Sebenernya web browser itu apa sih?
Web browser adalah program atau software yang bisa kita pakai untuk menjelajah sampai ke pelosok internet, bisa juga untuk nyari informasi dari halaman web yang kalian temukan di dalam komputer. Awalnya, sih, web browser cuma berorientasi sama teks, tapi karena ke-genius-an orang-orang di jaman sekarang, mereka bisa mengembangkan web browser sampai sedemikian rupa. Jadi, web browser sekarang udah bisa memperlihatkan kita file multimedia kaya video dan suara. Seneng kan yang suka kepo-in video clip penyanyi-penyanyi kece di YouTube? :-p
Web browser sekarang juga bisa serah terima e-mail sehingga kita bisa berkomunikasi sama orang-orang di belahan bumi yang lain. Nggak cuma itu, web browser juga bisa mengolah bahasa HTML-ribet sebagai input dan menjadikannya output yang sangat informatif sebagai halaman web.
Di bawah ini adalah contoh homepage dari beberapa web browser.

Homepage Internet Explorer
Homepage Safari
Homepage Mozilla Firefox
Homepage Google Chrome

Next! Gue akan ngejelasin sedikit tentang struktur alamat web. Berhubung gue seneng banget ngeliat jadwal film yang sedang berputar di bioskop deket rumah, jadi gue akan ngejelasin alamat web Cinema 21 yaitu http://www.21cineplex.com/
Alamat web diatas bisa dijelaskan kaya gini..
  1. http, yaitu service transfer Web (protokol)
  2. www, nggak asing dong sama yang satu ini? Ini adalah situs web terbesar sebagai pengelola pengalamatan situs web di internet.
  3. 21cineplex, yang ini biasa disebut domain, yaitu nama yang dipakai oleh institusi  untuk situs Webnya.
  4. com, buntut dari suatu alamat web, biasanya nunjukin bidang usaha situs web yang bersangkutan.

Last one! Gue mau kasih tau beberapa istilah-istilah dalam internet di bawah ini.
  1. Forward, dengan meng-klik forward kita bisa kembali ke halaman web yang baru aja diakses.
  2. Refresh, bisa juga disebut Reload, fungsinya memanggil kembali halaman web.
  3. Home, kita bisa kembali ke halaman awal dari web browser dengan seketika.
  4. History, guna history adalah menampilkan kembali halaman web yang pernah kita kunjungi. Bagi pengguna Mozilla Firefox, history bisa ditemukan dengan mengklik tulisan Firefox.
  5. Bookmark, kalau kalian punya situs favorit, kalian bisa simpan halaman web tersebut, jadi gampang untuk mengaksesnya lagi.


Oke, guys, semoga informasi ini bermanfaat ya untuk kalian. Gue mau makan nih, soalnya bikin post ini sambil nonton kompetisi masak, jadi kebawa laper deh hehehe. See you around! ;-) [K]

No comments:

Post a Comment